Perbedaan Clodi Minky dan PUL, Manakah yang lebih bagus?

Perbedaan outer clodi PUL dan MINKY

Apa sih perbedaan antara outer clodi Minky dan PUL? Para pemula dalam dunia perclodian sering banget menanyakan hal itu, maklum rata-rata clodi belinya online ya Moms, jadi sulit untuk membayangkan apalagi yang belum pernah lihat clodi secara langsung.

Outer PUL
Ilustrasi memakai clodi outer PUL pattern (motif) jurassic dari ecobum
Permukaannya jika dilihat dan diraba seperti bahan kain umumnya, yang membedakan dibalik kainnya (outer clodi) memiliki lapisan waterproof. Kelebihan outer PUL lebih cepat kering jika dijemur dan sedikit lebih slim saat dipakai dibandingkan outer Minky.
  
Outer Minky
Ilustrasi memakai clodi outer Minky pattern (motif) Blue Jaguar dari ecobum
Permukaannya jika dilihat seperti beludru/ bulu rasfur yang biasa dipakai untuk membuat selimut, boneka, dll dan jika diraba terasa halus dan lembut. Kekurangan outer Minky lebih lama kering jika dijemur dibandingkan outer PUL. Pastikan jika clodi sudah benar-benar kering supaya terhindar dari jamur yang ditandai dengan bintik-bintik (spot) berwarna hitam atau hitam kehijauan. Namun Kelebihan outer Minky lebih fashionable (subjektif) dan lembut saat teraba. Kelebihan outer Minky lainnya saya rasa outer Minky memiliki proteksi yang lebih maksimal terhadap sinar matahari karena adanya beludru. Berdasarkan pengalaman saya, menjemur cover sebaiknya ditempat teduh berangin, bukan dibawah sinar matahari terik secara langsung karena dapat memperpendek usia clodi, biasanya lapisan waterproofnya akan cepet keriting atau retak halus (delaminasi) penyebab rembes dan kebocoran. Clodi boleh dijemur dibawah sinar terik matahari HANYA saat kita ingin memanfaatkan sinar matahari sebagai natural bleaching (sun bleaching) untuk memudarkan noda/ mengembalikan warna putih cemerlang pada inner clodi, maksudnya jika inner clodi masih ada sisa noda pup kekuningan maka boleh menjemurnya dibawah sinar terik matahari dengan inner menghadap keatas maksimal HANYA 30-60 menit saja, biasanya inner clodi akan putih kembali dan noda hilang atau tersamar.

Demikian uraian singkat dari saya mengenai perbedaan clodi Minky dan PUL. Masing-masing memiliki keunikan/ ciri khas tersendiri, keduanya sama bagusnya, tinggal selera masing-masing aja (subjektif) mau pilih yang mana. Semoga ga bingung lagi ya  Moms dalam membedakannya. Sudah ga usah lama-lama mikirnya, langsung cuuus dibeli, nanti juga tau kok! teori terus... kapan prakteknya?! he..

2 comments:

  1. Oh ya mom,,pul bukannya lebih waterproof gt drpd minky.soalnya minky suka lembab gt Kalo penuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak benar mom, baik PUL dan MINKY sama2 waterproof sebab lapisan waterproof yg digunakan sama hanya bedanya finishingnya aja, coba uji popok bagian cover/ diaper shellnya untuk menampung air bandingkan yg baru dan yg sudah terpakai.

      Bila minky lembab saat diraba ketika popok sudah penuh kemungkinan penyebabnya karena lapisan waterproofnya sudah mengalami delaminasi dilevel sangat ringan sebab seharusnya jika kualitas lapisan waterproof prima meskipun penuh tidak akan tembus/ lembab.

      Atau kemungkinan penyebab lainnya, lembabnya bukan karena tembus dari lapisan waterproof melainkan dari sela2 jaitan di lingkar paha kemudian terserap oleh lebudru minky dan menyebar kesekitarnya,kompensasi minky terhadap kebocoran lebih baik dari PUL sebab kalau PUL bagian luar hanya print saja (minky lebih menyerap cairan).

      Mungkin mom punya fitted diaper cotton berlaminasi PUL,analoginya seperti bahan cotton pada fitted diaper yg memiliki sifat sangat menyerap cairan, jika sudah penuh,nanti bisa dilihat dari sekeliling paha (bekas jaitan leg gusset) akan basah dan akan ada jejak basahan dari area paha ke sekitar bokong.

      Begitu mom yang saya analisa selama bertahun-tahun pengalaman berpopok kain.

      Delete

 
Review berbagai merk clodi Blog Design by Ipietoon