REVIEW CLODI: ECOBUM PANT, SUPER SLIM & TRIM FITTING!

Hai Clodilovers...

Disini kami mau sharing beberapa review clodi yang sudah anak-anak kami gunakan selama ini, review berdasarkan pengamatan dan pengalaman. Review clodi yang kami buat bertujuan untuk membantu ayah bunda dalam menemukan mana clodi yang paling sesuai dan layak untuk dicoba, tidak ada unsur untuk menjatuhkan merk/ brand tertentu. Semoga bermanfaat!

Pertama mau review clodi yang paling saya suka alias favorit yaitu ECOBUM
Brand lokal yang didesain khusus dan inovatif
Brand lokal yang desainnya beda dari clodi lainnya, menurut saya ECOBUM ini clodi PINTAR! why? hihi... kaya komputer aja ya?! abis emang canggih si fiturnya dibanding clodi kebanyakan yg pernah dipake anak-anak saya. Ini clodi jg lagi naik daun sekarang, banyak jd percincangan hangat dan respon positif di forum2 review clodi tempatnya mak2 kece seperti theurbanmama dan femaledaily.

Oia, karena produk ECOBUM yang anak saya pakai cukup banyak, maka kali ini saya mau review clodi ECOBUM tipe pull up pant dan insert combo terlebih dahulu.

Setiap pembelian 1 paket clodi pant ecobum, berisi:
1 pc cover pant ecobum
1 pc insert combo, terdiri dari 2 lembar mikrofiber dan 2 lembar hemp yang dijahit/ disambung menjadi satu dan memanjang
Dilengkapi petunjuk manual: cara pakai serta cara cuci dalam wadah waterproof dengan zipper sehingga dapat digunakan kembali sebagai wadah untuk kosmetik atau wet bag saat travelling.
Harga (Oktober 2016) : IDR 107.500/120.000 (outer PUL) dan IDR 112.500/ 125.000 (outer minky)
Kemasan ekslusif ecobum (old): outer PUL motif red chevron
Sekarang (Oktober 2016) kemasannya sudah ganti pakai hang tag paper, petunjuknya komplit tertera di hang tag.

Apa yang bikin saya falling in love sama ECOBUM pant? oke, akan saya coba jabarin satu-satu ya kelebihan yang dimiliki si ecobum ini.

Double leg gusset VS inner gusset
Double leg gusset ecobum tampak samping
1. Double leg gusset sebagai perlindungan ekstra dari kebocoran samping, itu sebabnya kenapa pas anak saya pake ecobum g ngalami rembes atau bocor samping sekalipun bobonya miring dan super aktif. Pup juga g beleber sampe keluar sekalipun anak pupnya banyak or encer. Benefit yg saya rasain hati rasanya tenang ga galau rumah ketempelan kotoran dan najis disana sini krn kuatir saya ga tau (kecolongan) kalo clodi rembes/ bocor. Enaknya lagi klo pake ECOBUM itu pas bersihin pupnya, hahaha... biasanya kalo pake clodi berinner gusset kaya eugine, minikinizz atau sobi kan ada pup tu yang nyangkut dikerutan inner gusset, aduh bikin jijay ngulur2 karet inner gusset yang ada pupnya pas bersihin (sorry ya kalo ikut bayangin, so scarry ya?!) he.. Nah kalo pake ECOBUM g kan kejadian deh yg namanya pup nyangkut2, tinggal semprot aj pake selang sambil dipencet sampe airnya muncrat deres, langsung bersih, asik kan?!
Double leg gusset ecobum berbeda dengan double leg gusset pada clodi tiper cover pada umumnya, sebut saja cover merk blueberry, bebibum, nvme, dll kebanyakan double leg gussetnya terbuat dr material yang agak keras/ kaku sehingga tidak fit dipaha anak, beda dengan double leg gusset ecobum, ecobum menggunakan double leg gusset dari karet elastik yang lembut dan lentur, benar2 pas (fit) dipaha, terasa nyaman dan mencegah kebocoran lebih efektif.

2. Inner suede, bahan suedenya bagus, lembut dan tebelnya pas, cairan cepet nyerap dan lebih stay dry so ga seperti fleece yg lambat nyerap cairan dan lebih lembab, dan sering bikin rembes atau bocor samping. Seperti kebanyakan clodi lokal kan pakai inner fleece yang tebel alhasil cairan pipis diatas inner fleece seperti air didaun talas g terserap dan jadi bocor mengalir keluar lewat celah2 lubang paha.
Pant Ecobum tampak dari dalam (inner clodi pant outer PUL)
3. Snap ecobum kuat banget dan warna warni matching sama motifnya dan garis lis tepinya, snap yang kuat tanda kalo kualitas bahan PUL nya kuat dan bagus. Klo PUL jelek dan ringkih kan otomatis pas narik snap bakal lepas snapnya atau PUL melar (gampang delaminasi) or sobek (jebol bagian snapnya). Horor bayanginnya hahaha... intinya si snap ecobum kuat ga mudah dilepas anak dan settingan snap ketinggian paha (S dan M) fix ga suka lepas tiba-tiba yang membuat penampilan jd ga rapi/ rawan bocor.

 4. Desainnya super slim (ramping), dibandingkan dengan clodi tipe pant lainnya merk ecobum paling slim pas dipakai diantara yang lain, anak nampak nyaman, free, dan yang diliatpun enak alias sedep dipandang, he.. Sudah bisa dikenakan oleh bayi dengan berat badan 4kg (2 atau 3 bulan) sampai berat 18 kg, anak kami saat ini berusia 3 tahun 4 bulan masih size M.
Clodi Pant ECOBUM super slim & trim fitting
5. Wing/ elastik sabuk pinggangnya kokoh (coba lihat foto sabuknya) dan adjustable snap lingkar pinggangnya hidden snap sehingga nyaman dikenakan dipinggang anak, ga meninggalkan bekas merah (red marks). Selain itu desain snapnya hanya dua baris bikin acara pakai clodi jadi cepet.
Pant Ecobum tampak dari dalam (inner clodi pant outer Plain Minky)
6. Desain elastik pantsnya ga bikin rembes. Jika diperhatikan, elastik pinggang ecobum pant berbeda dengan elastik nathabam atau sobi pants karena elastik pinggang (sabuk) ecobum merupakan bagian yang dijahit terpisah dengan badan popok sehingga tidak ada bagian PUL di cover (badan popok) yang tertusuk jarum elastik sehingga tidak akan mengalami rembes seperti pada kedua merk tersebut. Sedangkan pada nathabam dan sobi pant elastik pinggang (kerutan karet di perut pd sobi/ bokong pd nathabam) dijahit menyatu dengan PUL dan inner sehingga besar kemungkinan cairan urin yang terserap dan tertampung pada insert dapat menembus inner dan keluar menuju lapisan luar PUL melalui sela-sela lubang jahitan kerutan elastik, hal ini saya alami  jg dengan clodi cluebebe saya dimana kain label brand cluebebe ada di middle area perut dan label tag dijahit menembus PUL dan bagian dalam labelnya bersentuhan dengan insert sehingga jika insert penuh akan basah kuyup kain labelnya bahkan membasahi legging atau baju anak, namun ada yg memberi dalih jika itu sebagai indikator penuh namun menurut saya tidak begitu perlu krn saya sbg muslim sangat terganggu dg lokasi label sehingga semua label clodi cluebebe saya gunting spy aman kuatir kecolongan, he... Mungkin bagi sebagian orang ini tidak masalah, tetapi bagi saya sebagai muslim yang melakukan ibadah shalat di rumah saya berusaha menjaga kebersihan rumah dr najis sehingga sgt teliti untuk hal-hal seperti ini, sekalipun hanya sebatas rembes bukan bocor (bahkan tidak terlalu basah), tapi jika anak aktif dan saya tidak waspada saya kuatir anak sudah menempelkan najis disana-sini dengan clodi yang rembes.
Elastik ECOBUM anti rembes
7. Outer PUL nya ada banyak pilihan, ada yang PUL printed dan minky (beludru) motif/ polos seperti boneka. PUL ecobum dan minkynya lembut, tebelnya pas, cukup lentur, awet, tahan banting, dan kuat. Dengan kualitas air dan perlakuan yang sama merk lokal dan china lainnya PUL sudah berjamur, tetapi PUL ecobum tidak, masih bagus. Kualitas printingnya jg bagus, warna cerah dan tajam, g seperti clodi minky lainnya yang sering luntur. Anyway bagi para pecinta minky skarang boleh bergembira karena ada clodi pant dengan desain ciamik dan oke, klo menurut saya kualitas ecobum ga kalah bagus dr mikiwili pant (clodi pant lokal pabrikan cina lainnya) dg harga yg jauh lebih murah dan sangat terjangkau. Begitu pula jika dibandingkan dengan pant sobi, menurut saya pun masih lebih bagus pant ecobum. Untuk tau motifnya apa aja langsung aja ya capcus ke official webnya www.ecobum.net

8. Insert combonya mantab! Kombinasi antara 2 lembar mikrofiber dijahit menyatu memanjang dengan 2 lembar hemp, sehingga insert lebih cepat dikering saat dijemur, slim saat dipakai (total jumlah lapisan saat dipake kan hanya 4lembar), dan daya serapnya sangat baik dan daya tampungnya banyak, andalan untuk pemakaian lama dan bobo dimalam hari (saya termasuk ibu yang tidak rajin bangun malam untuk ganti clodi maka dari itu Saya selalu memilih insert yang handal seperti insert ecobum combo hemp karena daya tampungnya sangat bagus, tidak bocor sama sekali dipakai bobo malam sampe besok pagi meskipun anak saya heavy wetter).
insert combo ecobum ideal untuk bobo malam karena daya tampung tinggi
9.  Berbeda dengan clodi tipe pocket atau popok biasa, clodi pant ecobum dapat dipakai dengam 2 cara, yaitu dengan tidur/ berbaring seperti saat memakaikan si kecil popok dan dengan berdiri seperti saat memakaikan si kecilcelana dalam biasa, tinggal tarik celana/ clodi pant keatas sampai ke puser. Supaya lebih jelas, coba ditonton video cara pakai clodi pant ini:


10. Harga sangat terjangkau banget dengan kualitas dan performa yang dimiliki, worth to buy! menurut saya harganya murah banget jika dibandingkan dengan mikiwili pant yang harganya jauh lebih tinggi padahal kualitas ecobum ga kalah oke.
Clodi Pant ECOBUM bisa digunakan hingga anak usia 3 tahunan
Itu beberapa nilai plus/ kelebihan ecobum. Untuk kekurangannya Saya belum nemuin, so far puas banget pake ecobum pant, nyaman, slim, ga bocor, dan murah. ecobum bener-bener clodi yang recommended!

UPDATE OKTOBER 2015

Pakai clodi ECOBUM memang bikin ketagihan ya, meskipun clodi brand lokal ini proses produksi dan garmen pabrik2nya di China tapi dibuatnya ga asal-asalan dan inovatif, buktinya selalu aja ada yg di-improve! Berbeda dengan brand lokal lainnya yang juga pabrikan China tapi desain standar pabrik saja sebut saja beberapa diantaranya Sobi dan Pumpkin Baby.

Dari segi kualitas material, ecobum pant tidak ada yang berubah, masih sama dengan sebelumnya, saya rasa tetap lebih unggul dari tipe pant lokal lainnya bahkan dari segi performa makin bagus karena ada penambahan fitur.

Dari segi harga memang ada kenaikan karena kata distributor dipengaruhi nilai tukar rupiah terhadap dollar sebab produksinya di China, meskipun diproduksi di China bukan berarti kualitas abal2 atau sama dengan babyland, liat banyak merek US berkualitas dan ternama yang ternyata di produksi di China juga seperti rumparooz, grovia, bumgenius, fuzzibunz, charlie banana, SGbum (merek/ brand lokal Singapura pabrik china), sumber: http://www.babygearlab.com/Cloth-Diaper-Reviews. Meskipun harganya naik tapi masih sgt terjangkau dan terhitung murah dengan desain dan kualitas ECOBUM yang jauh lebih bagus dan mantab (sy bandingin dg mikiwili), jadi sebenernya ga masalah krn harganya sesuai dengan kualitas barangnya, wajarlah emang ecobum bagus si ya?! menurut saya harga lamanya memang terlalu murah, mgkn krn mereknya masih baru jd diberi harga murah ndlosor sbg strategi agar mudah penetrasi pasar dan spy byk org tau kualitasnya, he... it's just my opinion!

Berikut ini akan saya uraikan secara lebih detail mengenai fitur lama dan additional fitur ecobum pant teranyar!
NEW ECOBUM PANT Oktober 2015: additional fitur: front opening flap dan label merek diletakan di front middle
Clodi ECOBUM pant versi lama: tanpa front opening flap dan label merek diletakan didalam pocket

Bagian luar (outside)
  • Snap adjuster lingkar pinggang (elastic wing) 4x2 dapat diatur sesuai dengan lingkar pinggang anak dengan berat badan mulai dr 4kg hingga mencapai 18-20 kg, snap bold/ tebal dan kokoh. Untuk bayi yg masih kecil dengan BB 4 kg mungkin elastic wing terasa agak keras, tipe pant ideal digunakan saat bayi bobot cukup  besar, setidaknya jika dikenakan utk bayi maka bayi sudah berusia 6 bulan keatas dan anak yg aktif diatas 1 tahun.
    Cara mengatur setting snap lingkar pinggang  terkecil pada elastic wing ECOBUM PANT
  • Rise snap adjuster lingkar paha 3x3 S,M,L sehingga settingan pant ecobum tight fitting, benar2 pas dan rapi saat dikenakan, memperkecil risiko rembes/ bocor dan  tidak akan nampak bejendol dikemaluan seperti clodi pant lainnya (mikiwili dan sobi) yang menggunakan magic leg adjuster atau stopper (seperti karet celana kolor yang ada di leg gusset).
  • NEW: label merek ecobum pant old version diletakan didalam pocket, sedangkan yang terbaru diletakan di front middle.
  •  
Bagian Dalam (inside)
  • Hidden snap pada elastic wing sehingga mencegah bekas merah pada kulit, selain itu karena elastic wing terbuat dr PUL dan kompartemen terpisah dengan pocket tempat beradanya insert yang basah maka dapat mencegah rembes dan basahan yg dapat menyebabkan ketidaknyamanan.
  • Inner suedenya sangat bagus, lebih stay dry (cepat menyerap cairan dan terasa lebih kering dr fleece spt pd inner mikiwili pant yg lembab) dan hipoalergenik memperkecil risiko ruam.
  • Double leg gusset yang tinggi menahan kotoran pup dan urin yang banyak, mencegah rembes di sela2 jaitan dan lebih praktis drpd menggunakan karet stopper. Ecobum pant satu-satunya clodi pant yang memiliki double leg gusset dan dengan  ketinggian yang maksimal sekitar 3-4cm sehingga ecobum pant dapat dipakai dengan 2 cara, yaitu selain dapat digunakan sebagai tipe pocket (insert diletakan didalam/ INSIDE pocket) juga dapat digunakan sebagai tipe cover/hybrid/all in two (insert diletakan diatas/ ON TOP inner suede) karena double leg gussetnya mampu mengcover ketebalan insert yang digunakan sama spt ecobum universal cover.
ECOBUM Pant dapat digunakan sebagai pocket diaper ataupun diaper cover, multifungsi!
  • NEW: opening front flap dari PUL sehingga lebih nyaman karena flap mencegah kulit bayi bersentuhan dengan insert yang basah ketika pocket tersingkap/ terbuka. Selain itu, dengan adanya additional fitur berupa opening front flap maka ECOBUM pant yang memiliki double leg gusset yang tinggi makin perfect fungsi hybridnya sehingga pant dapat digunakan sebagai tipe cover dimana insert dapat diletakan diatas inner. Flap memaksimalkan sistem hybrid (cover) lebih baik karena flap mampu menahan posisi insert agar tidak bergeser atau menyembul keluar perut yg dpt menyebabkan rembes di perut. Ecobum multifungi, awesome!
opening front flap ECOBUM Pant
Jika insert diletakan diatas/ ON TOP inner suede maka alasi insert dengan liner stay dry (ada yang terbuat dari bahan suede atau fleece) agar insert lebih mudah dibersihkan dan kulit yg bersentuhan merasa nyaman karena merasa tetap kering (stay dry) meski dipakai berjam-jam lamanya dan sudah dipipisi berkali-kali. Jika cover pant masih bersih maka pant dapat digunakan berkali2 dan bunda cukup mengganti insert dan linernya saja, praktis dan hemat!

ECOBUM Pant dipakai sebagai cover (all in two/ hybrid) dimana insert diletakan diatas/ ON TOP inner suede. Pada gambar saya menggunakan liner stay dry berwarna orange dari bahan fleece
Cara pakai clodi pant ecobum selengkapnya bisa disimak disini:
 
Dalam video tutorial cara pakai clodi pull up pant ecobum, modelnya adalah anak berumur 3,5 tahun dengan berat badan 14 kg di size M. Ini menandakan jika clodi pant ecobum masih bisa dipakai oleh anak balita kurleb hingga umur 4 atau 5 tahun dengan BB maksimal sekitar 18-20 kg.

Untuk cara pakai clodi lainnya bisa liat langsung di channel youtube ecobum indonesia disini

Sebelumnya saya sudah menuliskan performa insert ecobum combo, yaitu insert mikro yg dijahit menyatu memanjang dengan insert hemp, insert combo jadi andalan untuk tidur malam daya tampung banyak dan cepat menyerap cairan, tidak bocor dan saat bangun pagi hari insert penuh he.. Dibawah ini insert long mikrofiber ECOBUM, versi ekonomisnya ecobum pant, insert mikrofiber ecobum berbeda dengan insert mikrofiber pabrikan china umumnya yg jika dipegang terasa agak kaku/ keras, insert ecobum sangat lembuuuuuut, daya serap tinggi, jahitan obrasnya tebal dan kokoh, daya tampungnya pun banyak, mudah disesuaikan area mana yg butuh ekstra pnyerapan dan cepat kering saat dijemur krn bentuk memanjang. Selain itu jika insert dilipat dua maka total hanya 4 lapis sehingga jika dipakai benar2 pas, tidak bulky (slim), jauh lebih baik jika dibandingkan menggunakan insert mikrofiber umumnya yg jumlah lapisannya 3 lapis, jika pakai double (2 buah) maka total jd 6 lapis maka terlalu tebal padahal belum tentu kebutuhan anak sebanyak itu (6 lapis terpakai utk menampung urin semuanya) jadi sia2 dan menyiksa anak krn terlalu bulky. Insert mikrofiber ideal digunakan untuk pemakaian di siang hari, utk malam pun oke selama volume urin anak terevaluasi, namun rekomendasi saya untuk malam gunakan insert combo bagi anak yg heavy wetter.
insert long microfiber ECOBUM lembut dan berdaya serap tinggi
Saran: Sebenarnya sih bukan masalah yg berarti buat saya, tapi akan perfect kalo seandainya lebar pocketnya ditambah sedikit supaya makin leluasa ketika memasang insertnya. Mungkin ukuran lebar pocketnya tidak bisa selebar model original snap karena memang bentuk pant pocketnya ada dibagian depan seperti merek clodi pant lainnya dimana memang bentuk bagian depan lebarnya kecil spy slim dipakai. Semoga ecobum kedepannya lebih bagus lagi, terus semangat dlm berkarya dan makin inovatif!

Wah, akhirnya terbalas sudah surat cinta saya untuk ECOBUM, sekarang (Oktober 2016) pocket pull up pant ecobum lebarnya maksimal, makin leluasa deh jadinya pasang/lepas insert.

Enjoy your cloth diapering experience with ECOBUM pant!

43 comments:

  1. Ecobum pant slim dan ga bulky/ ngangkang pake insert hemp combonya ga bocor semalaman

    ReplyDelete
  2. hi mba marie, setuju banget sama reviewnya mba, ecobum emang oke bgt :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi mba Nurhayani, makasi banget mb udah mau mampir ke blog aku yg masih minimalis, maklum blogger newbie, hhihi... jd tersanjung aku dikunjungi mba... -kiss kiss-

      ya mba clodi ecobum oke bgt, makanya aku suka bgt sama ecobum dan bela2in nulis di blog spy makin banyak yg tau kalo ada clodi yg oke bgt dan g mesti mahal, semoga bs konsisten nulisnya spt mb Nurhayani, ketularan keren dan pinter ngeblognya. Kebetulan lg seneng bgt sm clodi baru yg satu ini, jd si ecobum duluan deh yg direview, mau nulis lg masih nunggu inspirasi dan mood datang hehe... semangaaaat!

      Delete
  3. jd penasaran ni sama pull up pant ecobum, nice blog bund.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dicoba bun supaya ga penasaran dan ikut membuktikan, thank you...

      Delete
  4. Mba Ane, anakku pake pant hasilnya kurang pas di perut jd kaya kedodoran/longgar, aku pakeinnya dg posisi berdiri spt makein pospak pull up pant, bener g sih mba cara pakenya? Tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba linda, menurut saya mba linda belum mensetting snap elastic pinggangnya yang pas dengan ukuran lingkar pinggang anak dan seperti yang tercantum di booklet ecobum (didalam kemasan saat membeli) untuk mendapatkan hasil yang tight fitting (ketat ngepres dan fit) maka gunakan pant dalam posisi berbaring/ tidur layaknya memakaikan clodi model pocket atau cover. Ini juga berlaku saat kita mengenakan anak clodi tipe pant merk lainnya, seperti mikiwili pant, GG pant, cluebebe pant karena elastic pinggangnya tidak muter seperti celana dalam, jika tetap ingin dikenakan dlm posisi berdiri hasilnya kurang perfectly fit..

      Kalau mau yang bener2 bisa di pakai dengan cara berdiri (pull up) maka coba pilih trainer ecobum, bs digunakan sebagai diapers sekaligus training pant dan bentuk plus cara pakainya bener2 seperti celana dalam.

      Delete
  5. ecobum pant sama mikiwili bagusan mana, jeng ane?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi tamu tak bernama he...

      definitely vote for ecobum pant, much better than mikiwili pant

      Menurut analisa dan pengalaman saya selama ni, ecobum pant lebih bagus daripada mikiwili pant, ecobum pant kualitas PUL lebih tebal, snapnya sedikit lebih kuat, desain lebih bagus dg double leg gusset & inner suede (sy termasuk yg malas atur leg ajduster, kurang praktis), insert combo hemp ecobum lebih mantab baik dr kualitas, berat, dan ukuran insertnya, insert ecobum benar2 pas (kalo mikiwili terlalu kecil lebarnya ga sebanding dengan lebar pant miki so ada ruang penyerapan yg kosong diselangkangan yg bikin resiko bocor), dari segi harga jg jelas lebih terjangkau ecobum drpd mikiwili padahal mnurut saya kualitas lebih bagus, sama2 pabrikan china dan sama2 merk (owner brand) indonesia. Saya g tau sebenernya apakah ecobum yg harganya kemurahan atau mikiwili yg kemahalan, he.. klo minky combo utk mikiwili 135, ecobum masa cuma 95 yg pul ecobum combo malah 90, jauh bgt kan selisihnya?! Coba aja bandingkan langsung, siapa tau deket rumahnya ada OS clodi yg jual keduanya, kira2 sependapat g dengan penilaian saya.

      Delete
  6. Ya ecobum pant bagus bgt, insert combonya lebar kokoh dan mantab beda bgt sm mikiwili yg lebar insertnya cuma seuprit.

    ReplyDelete
  7. Makasih mba reviewnya, bermanfaat banget. Aku pake clodi premium rumparooz, punya leg gusset juga. Tp kok kayaknya (setelah membaca review di atas) leg gusset ecobum lebih oke ya? Jadi kepingin beli juga, sekalian mau aku bandingin sama clodi import, hehe.. Ohiya mba, boleh minta tambahan cara merawatnya gak? Bagaimana mba selama ini mencuci clodi nya supaya awet? Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi mb tya, sama2 seneng dengernya, klo punya rumparooz closure velcro, velcronya rar mirip sama velcro ecobum, tapi ecobum velcro limited edition, awal launching adanya, kebetulan saya punya 1. Ya lebih bgs double leg gusset ecobum krn fit bgt so lbh efektif cegah bocor, lembut dan awet karetnya. Clodi pocket dan pant yg berdouble leg gusset dg cutting yg slim y cuma merek ecobum ja setau saya. Kalo rar itu inner gusset mba (gusset yg dijait pada inner), kalo mnurut saya kurang ngefek mncegah kbocoran dbandingkan double leg gusset (gusset di paha dalam), klo gusset terluar atau yg ada pd smua popok namanya leg gusset. kalo double leg gusset rar cover itu bahannya dr PUL sama dg lis tepinya jd agak keras n kaku g bgitu fit di paha dan mudah melar, plus covernya g ada flapnya ataupun snap in for insert spt coverall bb krn mmg didesain utk dipakai bsama dg prefold dan snappy, klo cover better pilih ecobum universal cover lbh bagus dr capri nya blueberry dan size cuttingnya lebih kecil dr coverall n capri size 2 jd trim bgt dipakenya, kualitas materialnya jg bagus dr PUL yg lembut, kuat dan snap yg kokoh. Ayo mb dicoba spy bs bandingin dan ikutan ngereview jg.

      Cara merawat clodi sebenerny g susah aplg sejak pake ecowash laundry ball so praktis, next post saya buatin tips mrawat clodi ya.

      klo beli ecobum ada brosur kecil berisi petunjuknya komplit lumayan buat literatur mba

      Delete
  8. salam kenal mba ane

    saya bunda naya sy sangat tertarik dengan ecobum setelah membaca artikel mba, saat ini saya sedang hamil 8 bulan anak kedua dan saya ingin sekali menggunakan ecobum mohon info
    1. dimana saya bisa mendapatkan/membeli produk ecobum
    2. untuk bayi newborn tipe ecobum apa yang harus saya beli dan berapa psc untuk pemula seperti saya

    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal bunda naya, selamat ya utk kehamilan ke2nya, smg lancar, sy bantu jawab bdasarkan pngalaman slama ini ya...

      1. Coba cek daftar distributor resminya clodi ecobum di www.ecobum.net, banyak ko agen/reseller yg jual ecobum, baik di lazada, tokopedia, facebook, dan instagram.

      2. Newborn (BB minimal 2.9 atau 3kg) bisa pakai tipe original snap dan universal cover dengan prefold.

      kalau mau full clodi sejak lahir sebaiknya siapin:
      - prefold minimal 1.5-2 lusin,
      - liner stay dry minimal 2 lusin (spy mudah bersihin popok dan kulit ttp merasa stay dry/kering),

      butuh prefold dan liner banyak krn newborn masih sering pup jd masih harus sering ganti prefold dan liner yg kotor kena pup.

      - snappi minimal 2 pcs (buat gonta ganti klo kotor kena pipis dicuci basah tp bs dkeringin pke tisu si.. he.. atau sbg cadangan ketlisut/ nyelip nyarinya susah he...)

      - universal cover minimal 3pcs (dipakai bersama prefold, hanya diganti klo kotor aja)
      - original snapnya untuk pemakaian malam dengan insert hemp dan bamboo minimal 3 paket.

      kalau frekuensi pupnya udah berkurang, boleh jg pemakaian siang selain pakai uc ecobum jg bs dimix sama original snap insert mikrofiber, insert mikronya ecobum bagus dan mantab bahannya 1 insert long mikronya bs dpake 4-6 jaman lah kurleb.

      Delete
  9. Heu makin mantap nih mo beli ecobum. Thanks so much reviewnya! ;)


    whileinSydney.wordpress.com

    ReplyDelete
  10. Hai ane,prefold bisa ga dipake tanpa cover? Maksudnya si supaya debay g sumpek j, biar adem kulitnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai anonym, bisa sekaliiii, kaya fitted diaper jadinya, kulit jd lebih bs bernafas, make covernya klo bepergian or pas breasyfeeding/ gendong aja.

      Delete
  11. Hii mba ane...aq susah bgt dapetin uc prefoldnya ecobum..jd smntara aq coba yg original snap minky dulu..itu bs jg dijadiin tipe cover kan yaa? Soalnyaa baby aq usianya baru 3minggu...kira" butuh insert apa yaa yg bagus dan liner stay dry merk apa yaa yg rekomen? Dan butuh brp bnyak..mohon pencerahannya..makasii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mba wulan, ya mba bisa banget, bisa cek selengkapnya disini ya:http://clodireview.blogspot.co.id/2016/01/review-clodi-ecobum-pocket-original-snap-dipakai-sebagai-cover-seperti-universal-cover-uc.html?m=1

      Insert yang bagus hemp, bamboo, dan prefold ecobum. Liner butuh 1-2 lusin kebutuhan tergantung pola pipis dan pup tiap anak, liner saya lebih suka merk lipop suede krn lebih cepet nyerap cairan, lebih stay dry dan hipoalergenik.

      Delete
  12. Mbak. Pasang snap nya kan harus kenceng banget biar Ga ada celah buat pipis/pup Nya bocor ke samping. Anakku berat 7kg masih pake snap yg paling kecil. Alhasil membekas di perut n pahanya.. Apa bener seperti itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masang snapnya dengan pas mba, ga kelonggaran atau kekencengan, tight fitting, ketat ngepres sperti pakai celana legging atau short pant. Kalo tight fitting selain kelihatan rapi, kemungkinan insert akan melipat/ menggulung penyebab bocor jg kecil, jika pakai liner stay dry maka kemungkinan liner bergeser atau menggulung jg sgt kecil so anak nyaman. 7kg rise snap di S atau M, dan lingkar perut disesuaikan dan tersisa 1 jari. Apakah clodinya masang kekencengan? atau masih baru? apakah digunakan semalaman atau dalam posisi tidak berubah sama sekali?

      jika kekencengan coba dinaikan 1 level dari S menjadi M, kalo masih baru bs jd karetnya elastisitasnya masih tinggi, atau jk digunakan semalaman n ga berubah posisi maka wajar jk membekas sama halnya jk pakai legging atau shortpant. membekas di perut dan paha setelah dipakai berjam2 dan tanpa reaksi tidak nyaman dr anak spt menangis, rewel, ngeluh (jk sdh bs bicara), lecet, bekas tidak lekas hilang bahkan menimbulkan iritasi menurut saya masih batas wajar tidak menyiksa anak dan tdk perlu kuatir.

      selama ni saya selalu pakai clodi ketat ke anak2 dan ga ada tanda2 gesture tubuhnya atau keluhan ga nyaman, masalahnya bukan dr pemakaian tp dr jenis clodinya, biasanya jika pakai clodi dengan closure velcro, spt bebibum krn risih kulitnya bergesekan dengan laundry tab.

      Delete
    2. Untuk tau benar atau tidaknya pemakaian saya rasa perlu lihat foto anak mba, karena info berat badan saja tidak cukup, postur tubuh jg bs mempengaruhi settingan clodi, baik setting snap pinggang ataupun rise snapnya.

      Delete
  13. Saya telat nih baru mau mulai berclodi.
    Ada saran mesti pake clodi tipe apa n apa aja yg dibutuhin n brp banyaknya. Si dede udah mau 5 bulan dgn BB hampir 7 kg skrg. Jujur saya bingung saking banyaknya pilihan n model. Trims sblmnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. He.. gapapa bunda, semangat

      5 bulan sudah bisa pakai semua tipe clodi: pocket, pant atau cover..

      kalau model tergantung selera masing2.

      kebutuhan clodi jika umur 5 kg mix model mungkin butuh sekitar 10-12 clodi jika nyuci dan bisa kering setiap hari.

      untuk merek yang bagus dan ekonomis, saya rasa merk ecobum

      1. universal cover dan prefold: cepet kering dicuci dan praktis cara rawat dan pakainya tp daya serap tinggi dan tampung byk

      2. orginal snap dan pull up: keduanya multifungsi, bisa dipakai sebagai tipe cover, setelah dipakai sebagai cover masih bs dipakai sbg tipe pocket atau sebaliknya sebelumnya dipakai sbg pocket lalu dipakai sbg cover selama masih bersih: tidak bau pesing/ bau pup, tidak kena pup, karet double leg gusset masih kering.

      Delete
  14. Lengkapkap banget reviewnya sampai bingung mau pakai yang mana hehe Saya baru mau makai clodi. Anak saya baru 2 bulan. Kira2 tipe apa ya yg cocok untuk anak saya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi mba leny, he..

      2bulan biasanya berat badan dah 5kg keatas ya, jadi cocok pakai semua tipe (khusus ecobum krn klo clodi tipe pant merek lain bayo baru muat jika berat badan bayi kurleb min 8kg), tipe cover, pant atau original/basic pocket, pake closure velcro jg msh memungkinkan krn si kecil tangannya belum terampil utk melepas sendiri.

      Delete
  15. Bagus ecobum snap atau pant ya mba? Yg bisa muat sampe gede. Trus klo snap dapet 2 insert klo pant dpt 1 insert harganya juga beda tipis. Maklum ibu2 maunya hemat dan ekonomis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semuanya bisa sampe gede ko mba, bisa lihat sendiri pada foto anak-anak saya. Clodi ecobum semua bsgus mba, tinggal selera masing-masing ibu saja.

      Delete
  16. Insert bs pake prefold ecobum ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksud Mba Nurila Apakah Prefold ecobum bisa dipakai sebagai insert?

      Bisa ko Mba,prefold ecobum multifungsi, ada petunjuk cara pakainya sebagai insert atau soaker pad dan diaper fold dikemasan, komplit. Lebih jelasnya lagi bisa cek cara pakai prefold ecobum di video youtube ecobum.

      Delete
  17. Halo mbak..saya dian.2 bulan lalu sy beli prefold ecobum + 2 cover impor (krn g dpt uc ecobum).pas dipake debay umur 2 bln g d msalah.tp herannya kok dipake kakakny yg umur 2taun baru 2 jam dah rembes di leg gusset ny y?pdhl si prefold msh muat bnyk alias br kena pipis dikit.dah sy pakein se pas mungkin.alhmdlh sy bs akalin.prefold sy pakein clana kacamata spt pke pmbalut,baru cover dipakekan.hslny cover bs dipake 12 jam lbh. Nah..mungkin g y rembes bs trjd sm uc ecobum utk anak 2 taun?sy bingung mau beli lg,pocket ato uc ecobum?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya tipe cover clodi import seperti bestbottom dan blueberry coverall sizenya lebih besar dr ecobum,memang kebanyakan cover import didesain utk diaper fold,double leg gussetnya dr pul kurang fit dan keras ke kulit,kalau uc ecobum double leg gussetnya dr karet putih yg lembut dan fit seperti double leg gussetnya cover guirella fluff jadi ngepres dan lebih baik cegah bocor, but please setting covernya dipastikan fit sizing snapnya. Saya pakai uc prefold untuk anak toilet training umur 3thn ga bocor,kecuali udah full bgt lembab di karet putih double leg gussetnya

      Delete
  18. mb aku baru beli clodi ecobum bt anak ku 3 bln, tapi kq baru dipake bentar bocor ya dr samping gt..
    jd sedih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba rksperimen dan dianalisa kembali mba karena penyebab kebocoran itu banyak sekali,klo spesifikasi dan fitur clodinya sdh bagus biasanya krn human eror.

      Coba baca2 mba penyebab clodi bocor apa saja, banyak literatur barat yg bahas kok, diantaranya cara pakai tidak benar biasanya saat setting size (tidak tight fit),cara cuci dan perawatan yg berdampak pada kualitas dan performa clodi seperti pakai softener,pemutih,detergen terlalu banyak shg insert aus krn akumulasi residu detergen (ttp jg tdk blh kurang),pakai detergen mengandung pelembut,pakai bedak di bokong bayi,jemur cover berPUL dibawah terik terekspos seharian dan kebiasaan menjemur spt itu terus menerus, dll. Satu lagi penyebabnya krn memang kualitas bahan clodi menurun krn clodi sdh "usang" sehingga sdh waktunya beli yg baru tp sepertinya bkn krn ini penyebabnya he..

      Delete
  19. Mbak.. saya soraya hamil 8 bulan,, pingin makein baby clodi dari awal, masih bingung dg yang namanya diaper fold?, snappi? Original snap itu apa?? Mohon penjelasannya mbk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo soraya, diaper fold itu sebutan untuk prefold yang digunakan sebagai popok seperti saat memakaikan popok tali ke bayi, tetapi karena prefold ga punya tali jadi pengaitnya pakai peniti atau diaper fastener IMPORT seperti merek SNAPPI dan BOINGO. Coba google aja ya bentuk/model lipatan cara pakai prefold sebagai popok/ diaper fold dan snappi.

      Original snap itu sebutan untuk clodi ecobum tipe pocket diaper yang basic, snap itu closurenya pakai kancing/snap, dulu ecobum pernah memproduksi original velcro as limited edition dimana closurenya pakai hook n loop/velcro a.k.a prepetan bahasa kitanya he...

      Coba tonton video ecobum di youtube kontennya cukup edukatif dan mencerahkan.

      Delete
  20. Halo Bunda Marie and..makasih bgt review nya yaa..mau nanya dong..aku liat di toped Ada macam2 tipe pantnya ecobum..Ada ecobum pant combo hemp,ecobum pant pull combo, hemp,ecobum pant minky micro,ecobum pant pull micro.bedanya APA sih bun? Apakah di Jenis insert yg didapat ato gmn? klo iya,emang ga bisakah insertnya dipake di tipe pant yg lain? Miss pant pull combo hemp insert nya dipake ke minky micro..njelimeeet bedain bahasanya wkwkwkwkwk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Bunda Renike, sama2... ditanya begituan jadi berasa DUTA CLODI ECOBUM ni wkwkwk...

      ecobum pant combo hemp,ecobum pant pull combo, hemp,ecobum pant minky micro,ecobum pant pull micro.bedanya APA sih bun?

      ECOBUM apa saya ga perlu jelaskan lagi ya.. brand/ merk clodi lokal yang bagus, very rekomended, gojeeesss, booming, dan fenomenal karena kualitasnya sudah banyak diakui para mommy bahkan disetarakan dengan clodi import premium sekelas blueberry, rumparooz, bumgenius, charlie banana, dll. Saya aja jatuh cintrong dan klepek2 susah beralih ke merk lain kuatir ga worthed, performa dan kualitas ga sebagus ecobum dengan rasional price

      oia back to questions....

      ECOBUM PANT atau disebut juga PANT PULL atau PULL UP PANT (artinya PULL UP PANT adalah clodi yg didesain seperti celana dalam agar mudah untuk anak on-off/ lepas-pakai sendiri)

      ecobum pant combo hemp,ecobum pant pull combo, hemp adalah SAMA jenis insertnya COMBO yaitu KOMBINASI antara insert mikrofiber dan hemp yang dijahit menjadi 1 berbentuk memanjang (2 folded/ cara pakai dilipat 2 atau sesuai kebutuhan area penyerapan atau postur anak), mirip combo blueberry.

      ecobum pant minky micro,ecobum pant pull micro adalah SAMA jenis insertnya MICROFIBER, namun beda outer diaper shell (cover)-nya, 1 outernya dari bahan MINKY (berludru seperti bulu rasfur boneka/selimut/sajadah/kasur) berlaminasi bahan waterproof, 1 lagi PUL(bukan PULL) dari bahan kain polyester biasa yg berlaminasi bahan waterproof.

      PUL sebutan untuk bahan outer clodi yg waterproof sedangkan PULL artinya tarik identik dengan celana dalam ketika dipakai.

      Apakah di Jenis insert yg didapat ato gmn? Sudah dijawab diatas ya...

      klo iya,emang ga bisakah insertnya dipake di tipe pant yg lain? Misal pant pull combo hemp insert nya dipake ke minky micro

      Bisa dipakai di clodi tipe apapun kok say, itu hanya DEFAULT/ bawaan original paketan dari ecobum aja, tiap tipe clodi beda jenis insert tapi bukan berarti ga bisa di feat sama clodi tipe lain, pilih insert sesuai kebutuhan, keinginan/kesukaan, dan bujet tentunya.

      clear ya sekarang atau masih njelimet? wkwkwk....

      Delete
  21. Hello bun...
    Sya lutfi lgi hamil 8 bulan udh mulai nyicil clodi ecobum trmasuk prefold. Mw tnya dong bun.. ini prefold sdh sya prewash 3x tapi ko keringnya lamaaa skali y? Bisa 3 harian baru kering pdhl saya di bogor kan panas.. g kebayang nnti punya debay pas musim ujan bisa brpa lama keringnya.. hehe
    Trus cara prewash dan jemur prefold yg benar spti apa y? Sya baca di blog bunda2 ko beda2.. ada yg bilang g boleh dijemur lgsg di bawah sinar matahari, ada yg bilang lgsg kena terik matahari..
    Thanks ya bun..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello Bunda Lutfi, di bogor bukannya pegunungan ya? kebetulan saya pernah tinggal lama di Bogor, hawanya lembab dan dingin meskipun matahari panas saat siang jadi hal ini bisa mempengaruhi banget apalagi kalo mengeringkannya manual ga pake spin. Kalo hawa basah dan lembab otomatis kandungan uap air di udara banyak sehingga menyebabkan cucian lama kering, mungkin bisa dibantu menggunakan spin mesin cuci (tapi pakai laundry net supaya seratnya ga ketarik/keplintir atau dibungkus handuk yang lebar kalau ga punya laundry net), kipas angin, atau kalo diluar negri pakai dryer.

      Jemur clodi berlaminasi PUL dan bahan natural (bamboo, hemp, cotton) ditempat teduh dan berangin, GA BOLEH dijemur dibawah matahari terik secara langsung dan terus menerus karena dapat merusak serat kain jadi kaku, kasar seperti triplek bayangkan tanaman yang kena panas seharian setiap hari pasti akan mati kekeringan sedangkan laminasi PUL pada bagian dalam diaper shell/ cover akan delaminasi ditandai retak bahkan mengelupas.

      Boleh jemur dibawah matahari langsung TAPI saat matahari TEDUH, bukan saat terik biasaya sebelum jam 10 pagi atau sesudah jam 3 sore, kalau ada yang mengatakan menjemur clodi dibawah matahari terik ini pendapat yang keliru dan salah besar, bisa dipastikan dalam waktu tidak lebih dari 3 bulan clodinya delaminasi semua dan menyebabkan kebocoran/rembes.

      Yang boleh dijemur dibawah matahari terik HANYA insert bahan mikrofiber sebab insert ini dari bahan sintetis, biasanya campuran polyester dan nylon. Tapi meskipun boleh dijemur dibawah panas terik, bahan mikofiber akan rusak jika kena air panas yg overheat/ direbus (biasanya ada yg pakai metode stripping dengan merebus mikrofiber dan ini SALAH).

      Prewash prefold seperti mencuci biasa saja bunda, tapi untuk prewash pertama butuh direbus atau direndam air panas hingga kandungan minyaknya hilang. Rebus dan rendam air panas mungkin perlu diulang jika masih ada natural oilnya, dan biasanya daya serap dan tampung maksimal setelah 5kali cuci tapi bukan berarti baru 1 kali cuci belum bs dipakai, bisa dipakai tapi jika performa belum maksimal hal itu normal. Dengan kata lain, prewash while use alias sambil dipakai sambil diprewash he...

      Sebagai referensi atas jawaban yang saya berikan diatas, coba buka link berikut http://www.australiannappyassociation.org.au/cloth-nappy-care-nice-to-knows/

      your welcome bunda

      Delete

 
Review berbagai merk clodi Blog Design by Ipietoon